Berastagi yang Menyejukan


http://medan.panduanwisata.com/wisata-alam/berastagi-keelokan-kota-kecil-di-dataran-tinggi-karo/


Sejuknya udara pegunungan dan hijaunya bukit-bukit yang berada di sekeliling nya akan memanjakan kita ketika kita mulai mendekati daerah ini. Tempat ini dikenal dengan sebutan Berastagi. Berastagi merupakan nama daerah yang berada di Tanah Karo, Medan, Sumatera Utara.



Tidak sedikit masyarakat Indonesia tahu daerah Berastagi, daerah yang di penuhi dengan ladang buah dan sayur ini merupakan surga bagi para penikmat buah jeruk medan, markisa dan terong belanda. Hal tersebut terlihat ketika anda memasuki kawasan Berastagi. Tidak hanya tugu Berastagi yang menjulang tinggi saja disana, anda juga langsung dapat melihat kios-kios penjual buah dan sayur yang merupakan hasil ladang dari para petani di Tanah Karo.

http://kotawisataindonesia.com/wisata-alam-di-bukit-gundaling-medan/pesona-gundaling/


Rentetan kuda poni juga tidak mau kalah dengan kios-kios tersebut, para penawar jasa tunggang kuda ini siap menemani jalan-jalan anda selama di kawasan wisata Berastagi. Biasanya para ‘koboi cilik’ akan meminta orang tua nya untuk menyewa kuda-kuda mungil tersebut.

Bagi anda para pengunjung, anda tidak perlu khawatir mengenai makanan, karena di tempat inilah surga nya makanan. Anda dapat menikmati rumah makan khas masyarakat karo yaitu Babi Panggang Karo (BPK) yang terdiri dari banyak menu yang pastinya semua adalah makanan khas karo seperti, Ikan mas arsik, Babi panggang, Tasak telu dll. Namun, bagi anda yang tidak dapat memakan makanan tersebut, anda juga dapat mencari rumah makan yang sifatnya halal.

http://kotawisataindonesia.com/wisata-alam-di-bukit-gundaling-medan/pesona-gundaling/

Ketika kita puas melihat-lihat Berastagi dibagian mukanya, anda dapat naik ke atas bukit yang biasa orang sekitar sebut adalah Gundaling. Konon, gundaling merupakan singkatan dari ‘Good Bye Darling’ yang dikatakan oleh turis asing yang jatuh cinta kepada salah satu masyarakat suku karo.


http://payungnarinake.blogspot.com/2013/01/gundaling-bukit-di-berastagi.html

Tibanya anda di Gundaling, anda dapat melihat pegunungan yang mengelilingi Tanah Karo serta rumah para penduduk dari atas tempat tersebut. di sinilah posisi paling menyenangkan bagi anda yang ingin berfoto dengan latar gunung dan pohon-pohon yang rindang. bagi anda yang ingin menikmati suasana ini lebih lama, anda dapat menyewa tenda yang dibuat dari terpal dan beralaskan tikar. Serta dapat membeli cemilan mie instan, kopi dan teh hangat.

Di daerah Berastagi anda akan melihat tidak sedikit orang yang masih menggunakan pakaian adat seperti ‘tudung’ dikepala dan sarung bagi para wanita yang sudah menikah serta sirih yang selalu menempel di mulut mereka. Masyakarat karo masih mengkonsumsi daun sirih yang ditambahkan kapur dari kulit kerang dan gambir pemberi warna merah dan rasa manis. Hal ini biasanya hal wajib bagi mereka kaum wanita di masyarakat karo.

Bila anda sudah puas menikmati suasana berastagi dan ingin membeli oleh-oleh untuk teman-teman dan sanak saudara, anda dapat membeli oleh-oleh khas Berastagi, Tanah karo. Barang yang dijual terdiri dari oleh-oleh yang anyaman, entah itu dompet, tas serta gantungan kunci rumah adat suku karo, baju-baju yang bertuliskan Berastagi serta pajangan-pajangan miniatur masyarakat suku karo.

Tidak ketinggalan makanan khas dari daerah Berastagi yaitu buah-buah dan sayuran. Seperti jeruk medan, markisa dan terong belanda (masyarakat sekitar menyebutnya terong jepang). Biasanya terong belanda dan markisa banyak dijadikan sirup. Dan masih ada selai srikaya yang merupakan oleh-oleh khas daerah Tanah Karo.

Terbayang sudah bagaimana suasana Berastagi yang menyejukan hati dan pikiran anda. Hijaunya pepohonan dan udara gunung yang menyejukan menjadikan liburan anda semakin lengkap karena terbebas dari rutinitas dan padatnya perkotaan di kota-kota besar.*(TMP)

Komentar

Postingan Populer