Backpackers to KL-Malaysia (part 1)

okee kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya yang memang sudah lama (sekitar 1 tahun 3 bulan lalu) tentang perjalanan saya bersama 5 teman lainnya dan saya sedikit nyontek untuk list harga ke blog TETANGGA (English) dan sorry karena memory ke apus sehingga foto kualitasnya jelek dan seadanya!

Soekarno Hatta International Airport, Jakarta
jadiiii, semua berawal dari ke'enekan' kami dengan hectic-nya perkuliahan yang saat itu bertubi-tubi mendatangkan tugas yang paling parah pernah kami alami selama masa perkuliahan. jadi saya dan teman-teman mencoba untuk short escape dan awalnya banyak sekali destinasi yang kami rencanakan seperti Jogja hingga Bali, namun semua kembali kepada duit mahasiswa yang pas-pasan. tidak bisa dipungkiri (IMHO) harga tiket ke domestik itu umumnya lebih mahal dibandingkan dengan penerbangan luar. alhasil kami memutuskan untuk pergi ke Malaysia.

kami mulai aktif membuka situs penjualan tiket online dan kebetulan! yup! saya bilang ini suatu kebetulan, kami mendapatkan tiket murah Air Asia seharga Rp. 165.000 (belum airport tax saat itu) untuk tanggal 3 Maret 2015. sontak kami kegirangan karena menurut kami ini murahhhh!!! (terus tiket balik?? belum terlalu dipikirin karena belum ada duit saat itu dann selang beberapa hari terjadi kabar kecelakaan pesawat Air Asia yang membuat pemerintah menghapuskan tiket murah) yup! kami sedikit risau dan terus aktif buka situs-situs jualan tiket tersebut dan akhirnya kami memutuskan pulang tanggal 7 maret 2015 dengan Lion Air seharga Rp. 589.000

dan saya pribadi hanya berbekal duit Rp. 2.200.000 (exclude tix) untuk biaya hidup dan jalan-jalan disana. mungkin banyak yang beranggapan ini ga backpackers karena mahal, tapi bagi saya ini jalan-jalan murah ala backpackers tapi tetep menggunakan "koper" atau ga "ransel-ransel" amatlah

Tips 1: aktif bukain situs website resmi maskapai hingga situs jualan tix lainnya dan umumnya yang murah itu di malam hari atau pagi hari
Tips 2: cek mau jalan-jalan kemana aja, naik apa dan cuaca disana karena menurut saya ini penting buat jaga-jaga selama di negara orang
Tips 3: cek kurs mata uang negara tujuan, ini berguna buat perkiraan bawa duit berapa dan jangan sampe ngemis di negara orang

di atas pesawat Air Asia
Tiba saatnya kami pergi. Go...Go...Go...!!
3 Maret 2015
kami berangkat pukul 3 sore dan tiba pukul 6 sore (waktu Malaysia) di KLIA2. sampai sana sejujurnya gatau harus naik apa ke hotel tapi kami mengandalkan teman yang bernama Yoggi untuk menjadi tour guide dadakan karena dia yang lebih aktif searching untuk perlengkapan disana. sampai sana nekat tanya sana sini untuk naik bus ke Jalan Alor, akhirnya kami naik bis seharga 15 RM (lupa nama bus nya yang diingat cuma warna merah dan AC ga kayak bus2 miring di Indonesia kok).

setelah asik dan norak diatas bus (karena kegirangan) kami lupa untuk turun ditempat tujuan (dan seinget saya sang kenek udah ngomong deh kayaknya) akhirnya si Yoggi ngomong ke keneknya dan kami pun turun dan dianter ke mobil semacam E.L.F dan gratisssss dianter sampai hotel

Dinner at Alor Strret
kami menginap di Hotel Budget Inn di Jalan Alor yang sebelumnya sudah di booked melalui aplikasi info perjalanan (okee kami sempat salah hotel, karena di 1 jalan ada 2 hotel Budget Inn dan yang pertama kami hampiri adalah hotel dengan layaknya hotel yaitu per-kamar, sedangkan kami memesan dormitory room yaitu sekamar rame-rame sama turis lainnya 12 bed) untuk dormitory kami membayar seharga 115RM (include sarapan) dan setelah berleha-leha dan bersih-bersih kami memutuskan untuk makan di restoran chinesse di depan hotel yaitu makan mie kuah gitu kurang lebih 6RM (beruntungnya kami adalah ke Malay dekat dengan hari Cap Go Meh, sehingga banyak dekorasi di sepanjang jalan dan rameeeeenya ngalahin kayak ngantri sembako, Tapii berasa diluar negeri karena banyak turis dari eropa, amerika dan australi

Tips 4: aktif cari hotel yang sesuai budget dan bacain review mereka sebanyak-banyaknya. liat foto yang diunggah pengunjung karena lebih real dan cek sudah termasuk sarapan atau service lainnya.
Tips 5: cari pengeninapan yang dekat dengan daerah yang akan dituju, dekat dengan transportasi umum. dan saran saya sih hotel di Jalan Alor, karena dekat dengan Monorail, busway dan Mall elite disana
Tips 6: (untuk non muslim) walaupun negara mayoritas muslim tetap harus waspada cek makanan itu halal apa engga ya, karena disepanjang Jalan Alor umumnya banyak ga halal
Tips 7: saya pribadi ga beli kartu perdana karena menurut saya mahal, sekitar Rp. 60/80 ribu. jadi memanfaatkan wifi yang ada selama perjalanan. jadi pilih kartu perdana yang sesuai kebutuhan aja