Menjamurnya Digital Marketing

Marketing merupakan sebuah nama yang sudah tidak asing ditelinga kita. saya rasa hampir semua orang pernah berhubungan dengan seorang marketing baik secara formal atau dari institusi tertentu ataupun dari lingkungan terdekat yang memang secara tidak sengaja menjadi seorang marketing.

Marketing itu sendiri secara singkatnya adalah pemasaran atau mengenalkan suatu barang atau jasa kepada khalayak. saat ini kita masuk ke dalam jaman modern yang segala sesuatu tampaknya sudah digantikan dengan sistem yaitu digital. Dalam tulisan ini saya ingin membagikan pengalaman saya selama dua bulan lebih berkecimpung pada bagian digital marketing. Digital Marketing sendiri secara harfiah artinya memasarkan atau menginfokan sesuatu memalalui digital seperti Televisi, Radio, dan Internet (online). Diakhir tahun 2015 kemarin saya rasa banyak perusahaan yang mulai merombak jajaran para pegawainya terutama dibidang marketing atau promosi.

(memang semua perusahaan butuh digital marketing? kalau perusahaan jasa bagaimana cara promosinya?). Ini yang jadi pemikiran banyak orang awam dan saya pula saat baru lulus dari bangku perkuliahan. Hal ini timbul dikarenakan saya sering mendapat panggilan pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan (meskipun saya bukan bagian sales atau account executive). jadi saya mau jelaskan beberapa hal yang saya ketahui dan pelajari (IMHO/CMIIW):

1. Perusahaan apapun itu, jika kita sudah berkata "perusahaan" sudah berarti membicarakan perhitungan untung atau laba (google). setiap orang yang bekerja didalam kantor tersebut harus saling terhubung dan tujuannya 1 yaitu mencari untung. Baik team sales, finance, bahkan seorang IT.
2. Divisi marketing menjadi salah satu divisi yang berat dan menentukan (bukan berarti divisi lain tidak berat) karena umumnya pada divisi ini berorientasi pada target penjualan dan keuntungan suatu perusahaan. marketing sendiri banyak jenis dan sebutan lainnya, namun jika sudah ada kata "Marketing" sudah pasti berhubungan dengan penjualan

Tugas divisi marketing saat ini (dalam garis besar) yaitu menginformasi dan menawarkan kepada khalayak mengenai produk kita menggunakan media digital. Tak bisa dipungkiri saat ini digital betul-betul memagari kita dalam segala hal kegiatan. Mau beli makan via digital (online), beli pakaian, penginapan, bahkan sampai transportasi saat ini sudah ada dalam genggaman kita. Kita begitu dimanjakan dengan kehadiran digital dan business start up yang begitu merajalela kehidupan kita.

Pada foto ini saya mengambil contoh untuk perbedaan antara marketing tradisional dengan digital marketing. Salah satu yang mungkin bagi kamu jobseeker pasti tidak asing lagi dengan kata-kata SEO yang paling banyak saat ini di cari atau dipekerjakan. sebetulnya apasih SEO itu? SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization yang kalau pengertian orang awam itu adalah bagaimana web perusahaan kita bisa paling atas pada saat kita melakukan pencarian atau googling dan semua berbasis pada online atau internet. Hal ini pernah saya alami ketika 1 hari internet kantor mati dan saya pun ikutan mati karena tidak bisa berbuat apa-apa.


Mungkin yang lebih mudah dipahami ada pada ilustrasi diatas. 8 hal ini yang saat ini sedang saya perdalami dimana saya berfokus pada content marketing dan Social Media Marketing. pada intinya Digital menurut saya sudah merombak berbagai aspek dan ilmu yang saat ini betul-betul berkembang. dimana web versi PC sudah tidak begitu di pikirkan karena semua sudah beralih pada mobile atau handphone pintar kita. mengapa saya mengatakan hal ini, karena pada saat saya bertemu dengan seorang direktur suatu institusi pendidikan Perancis juga mengatakan hal demikian. Dari pandangan saya, beliau menilai suatu saat digital marketing akan lebih berkembang dan sangat diperlukan. untuk itu, tidak ada salahnya menjadi Social Media Addicted asalakan menguntungkan karena itu menjadi satu hal pendukung kamu boleh mencoba bagian digital marketing. Semangat!











Komentar

Postingan Populer